Minggu, 13 Maret 2016

Goodyear Buat Ban yang Bikin Mobil Bisa Jalan ke Samping



MOBIL bisa maju dan mundur itu biasa. Yang tidak biasa adalah, ketika mobil bisa bergerak menyerong apalagi menyamping. Itulah yang ditawarkan oleh Goodyear, sebuah produsen ban asal Amerika Serikat saat merilis konsep ban masa depan pada Geneva Motor Show 2016 di Swiss, Kamis (3/3). Uniknya, ban yang diberi nama Eagle-360, ini berbentuk seperti bola. Ban ini, memungkinkan mobil yang menggunakannya bisa maju, mundur, serong, dan menyamping.
Dengan berbagai teknologi yang diterapkan pada ban tersebut, banyak kemudahan dan kenyamanan yang didapat kendaraan yang menggunakan Eagle-360. Misalnya, ketika melewati jalan becek, ban akan berubah lembut, dan mengeras saat jalan kembali kering. Asyik kan?
Hebatnya, dengan sistem magnetic levitation (maglev) mobil akan mengambang di atas ban berkat adanya bantalan medan magnet. Efeknya, getaran dan suara berisik dari ban tidak akan banyak masuk ke dalam kabin.
“Konsep ban masa depan dari kami ini diharapkan mampu memainkan peran ganda. Yaitu sebagai platform kreatif dan untuk penunjang teknologi di generasi berikutnya,” ujar Joseph Zekoski, Senior Vice President Goodyear, dilansir dari Dezeen.

Eagle-360, diproyeksikan menyongsong hadirnya mobil-mobil otonomos (tanpa awak) yang diprediksi terjual 85 juta unit per tahun pada 2035 mendatang. Teknologi ban dianggap Goodyear akan memainkan peranan penting saat interaksi mobil dan pengemudi berkurang. (*)


About Eagle-360
-  Bentuk Eagle-360 bulat seperti bola.
-  Ban dapat bergerak ke segala arah dengan leluasa.
-  Dengan menggunakan ban ini, kendaraan bisa bergerak maju, mundur, menyerong dan menyamping.
-  Dilengkapi berbagai sensor internal yang memonitor beberapa parameter seperti, kondisi suhu, tekanan, dan getaran.
-  Diharapkan bakal jadi standar pada kendaraan otomatis tanpa pengemudi.
-  Dilengkapi berbagai teknologi keselamatan seperti traction control yang dapat menyesuaikan gerak ban dengan kondisi jalan.
-  Karet pada Eagle-360 dapat berubah menjadi lembut saat melewati jalanan becek dan kembali keras saat jalanan telah kering.
-  Eagle-360 tidak tersambung dengan badan mobil secara mekanik.
-  Eagle-360 akan menopang bobot mobil dengan menggunakan sistem magnetic levitation (maglev) sehingga mobil akan mengambang di atas ban berkat adanya bantalan medan magnet.
-  Getaran dan suara berisik pada ban tidak akan banyak masuk ke dalam kabin.

foto-foto: google

BACA JUGA: -  Teori Einstein Dibuktikan Setelah Seabad                          

                         -  Markas Rahasia Amerika Ditemukan di Nevada



BIAR LEBIH JELAS, SILAKAN CEK ILUSTRASINYA: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar