Sabtu, 12 Maret 2016

Teori Einstein Dibuktikan Setelah Seabad



TEORI Relavitas Umum Albert Einstein bahwa alam semesta memiliki kerut-kerut karena benda bermassa besar yang bergerak dalam ruang dan waktu yang disebut gelombang gravitasi akhirnya dibuktikan tepat seabad lebih kemudian. Einstein mengeluarkan teori itu  November 1915. Sedangkan penemuan gelombang gravitasi itu terjadi 11 Februari 2016. Atau seabad lebih beberapa bulan.
Penemuan kicauan semesta itu diumumkan dengan penuh kegembiraan dalam sebuah konferensi pers di Washington, Amerika Serikat, 11 Februari lalu."Kami mendeteksi gelombang gravitasi. Inilah pertama kalinya alam semesta bicara kepada kita dengan gelombang gravitasi," kata David Reitze, Direktur Eksekutif Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO), kepada Nature, Kamis (11/2).

BACA JUGA: Markas Rahasia Amerika Ditemukan di Nevada


LIGO merupakan dua fasilitas riset yang terletak di Washington dan Lousiana. Keduanya terhubung oleh pipa kecil hampa udara sepanjang 4 kilometer. Fasilitas itulah yang menangkap adanya kicauan alam semesta.
Penemuan gelombang gravitasi ini dipandang sebagai penemuan terbesar kedua dalam fisika setelah penemuan Higgs Boson pada tahun 2012 lalu. Penemuan ini setara dengan penemuan struktur DNA setengah abad lalu dan dinilai akan mengubah serta membuka peluang baru dalam kajian fisika.(*)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar